13 Tips Menghemat Air

13 tips menghemat Air terbiasa hidup seolah-olah persediaan air tidak ada habisnya. Ya, Rusia memiliki lebih dari 20% cadangan air tawar dunia. Namun, tidak semuanya baik-baik saja. Air di sungai besar kita (Volga, Oka, dll.) semakin berkurang. Hanya 40 tahun lalu, air dari sungai dan danau dapat diminum.

14 Tips Menghemat Air

https://www.pexels.com/id-id/foto/bendungan-air-antar-batuan-355919/

Sekarang banyak waduk sangat tercemar sehingga dilarang berenang di dalamnya. Air limbah dari pabrik industri sering dibuang tanpa diolah. Setengah dari semua menghemat air minum tidak memenuhi standar ditetapkan. Dalam perjalanan dari sumber ke konsumen, kehilangan air mencapai 30%.

Semakin banyak kita mencemari air, Maka dari itu hemat air semakin sedikit kualitas kita dapatkan kembali, karena instalasi pengolahan air limbah perkotaan tidak dapat mengatasi peningkatan volume konsumsi.

Bagaimana Menghemat Air?

Tip #1: Matikan Keran Saat Anda Tidak Membutuhkan Air

Banyak bahkan tidak memikirkan berapa banyak air mengalir begitu saja ke saluran pembuangan saat keran dibuka. Bagi sebagian orang, percikan air saat menggosok gigi, mandi, dan mencuci tangan terasa menenangkan, sehingga mereka tidak terburu-buru untuk menghentikan alirannya.

Mungkin aritmatika akan membantu mengubah sikap terhadap keran terbuka. Rata-rata, dengan tekanan air normal, keran standar 15 mm, terbuka penuh, melepaskan 0,2 liter per detik, yaitu 12 liter per menit. Hanya dalam 5 menit, biasanya kita habiskan untuk mencuci, 60 liter mengalir. Ternyata dalam sebulan hanya saat menyikat gigi, kita tanpa berpikir menghabiskan 1.830 liter. Mempertimbangkan keran tidak tertutup selama mandi dan mencuci piring, angka itu tumbuh menjadi nilai tidak senonoh.

Tip #2: Rendam Sayuran Dan Piring Kotor

Ingat berapa banyak air Anda habiskan untuk mencuci sepotong tanah mengering di atas kentang atau mengupas penggorengan favorit Anda? Untuk menghemat deterjen, air, dan waktu Anda, rendam sayuran dan peralatan selama 10-15 menit dalam mangkuk atau wastafel terpasang. Hemat energi dan waktu Anda untuk hal-hal menyenangkan!

  Bagaimana teknologi hijau mempengaruhi lingkungan?

Tip #3: Mandi Sebentar Daripada Mandi

Kapasitas bak mandi bervariasi dari 140 hingga 250 liter. Mandi setiap hari, Anda menghabiskan sekitar 1400 liter per minggu hanya untuk mencuci sendiri. Tentu saja, Anda tidak perlu sepenuhnya meninggalkan mandi, karena itu membantu untuk rileks dan menghilangkan stres. Tetapi kamar mandi memiliki kelebihan.

Pertama, memilih mandi pendek daripada mandi akan menghemat waktu Anda. Kedua, di kamar mandi kita sering bergerak, bernyanyi dan mengisi ulang energi positif! Ketiga, mengatur tekanan air di kamar mandi memungkinkan Anda mencapai efek diinginkan: untuk bangun, kami membuat tekanan lebih kuat, menjadi lebih tenang, lebih lembut. Mandi kontras membantu merasakan gelombang kekuatan dan kekuatan sepanjang hari.

Tip #4. Kami Memuat Pada Mesin Cuci Penuh Dan Mesin Pencuci Piring

Peralatan rumah tangga modern dapat menghemat air dan listrik secara signifikan. Dalam satu siklus, mesin pencuci piring terisi penuh mengkonsumsi 10 hingga 20 liter, mesin cuci – dari 40 hingga 80 liter. Konsumsi listrik dalam kedua kasus akan menjadi sekitar 1 kilowatt-jam.

Tidak semua mesin pencuci piring dan mesin cuci memiliki mode setengah beban. Jadi mengapa membayar harga sama untuk pekerjaan lebih sedikit?

Tip #5. Mencairkan Makanan Di Lemari Es

Anda mungkin pernah melihat nenek atau ibu Anda mencairkan makanan di bawah air panas beberapa kali. Kebiasaan ini muncul selama era Soviet, ketika utilitas jauh lebih murah daripada sekarang, selama ekonomi pasar. Saat ini, metode pencairan bunga es ini akan memakan biaya cukup mahal.

Namun, pendekatan salah untuk mencairkan makanan dapat menyebabkan hilangnya vitamin dan nutrisi. Jika pembekuan harus cepat, pencairan harus lambat. Tidak percaya? Cobalah membekukan stroberi lalu letakkan di bawah air hangat untuk mendapatkan slime merah muda.

Menurut sains, ini semua tentang perbedaan suhu. Bahkan ketika mencairkan es dengan air dingin, kita akan mendapatkan lompatan dari 30 hingga 50 derajat, akan menyebabkan penghancuran molekul.

Karena itu, lebih baik memindahkan makanan dari freezer ke rak paling bawah kulkas terlebih dahulu. Sehari harus cukup untuk mencair. Dengan demikian, produk akan mempertahankan sifat menguntungkannya dan tidak ada setetes menghemat air pun tumpah.

Tip #6. Gunakan Toilet Untuk Tujuan Dimaksudkan

Sewerage adalah anugerah besar bagi peradaban. Dibuktikan oleh Roma kuno. Pada gilirannya, hingga seperempat dari konsumsi air dingin di rumah jatuh pada pembilasan toilet. Ada berbagai cara untuk menghemat uang. Seseorang memasang sistem dual flush – penuh dan sebagian. Penemu rakyat memasukkan sebotol menghemat air ke dalam tangki untuk mengurangi kapasitas tangki.

  Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Salah satu cara termudah untuk menurunkan tagihan pipa ledeng Anda dan mengurangi polusi menghemat air Anda adalah dengan menghindari membuang sampah dan limbah rumah tangga lainnya ke toilet. Gunakan barang porselen untuk tujuan dimaksudkan, bukan sebagai tempat sampah.

Tip #7. Beralih Ke Bahan Kimia Dan Kosmetik Rumah Tangga Ramah Lingkungan

Pikirkan kembali saat terakhir kali Anda membersihkan pipa di dapur atau menggosok bak mandi. Ingat bau menyengat dan membakar lubang hidung? Banyak deterjen dan pembersih mengandung zat berbahaya tidak hanya membahayakan alam, tetapi juga kesehatan manusia. Penggunaan bubuk dan gel semacam itu secara teratur mengarah pada perkembangan penyakit kronis pada sistem kardiovaskular, paru-paru, hati, dan organ vital lainnya.

Karena itu, penting untuk membaca komposisi dan instruksi pada kemasannya dengan cermat. Terutama sangat perlu untuk memantau keberadaan fosfat, klorin dan surfaktan anionik dalam konsentrasi di atas 5%. terakhir ini dapat tetap berada di pakaian bahkan setelah dibilas berulang kali dan menumpuk di dalam tubuh, menembus kulit dan saluran pernapasan.

Kami telah memilih beberapa artikel tentang eko-kimia sehingga Anda dapat mempelajari daftar zat berbahaya dan mengenalinya ketika Anda mengenal produk di toko:

Bagaimana bahan kimia rumah tangga mempengaruhi kesehatan
Produk ekologis untuk rumah: bagaimana tidak tertipu saat memilih
Bagaimana memilih bahan kimia rumah tangga tidak beracun

Tip #8. Kami Membersihkan Tepi Waduk

Sekitar 80% dari sampah tersisa di tepi sungai dan danau akan berakhir di air seiring waktu. Bersamaan dengan itu, zat berbahaya masuk ke sana, dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada ekosistem waduk.

Sejak 2014, dalam kerangka proyek “Air”, tindakan untuk membersihkan tepian waduk telah diadakan di seluruh negeri, di mana siapa pun dapat berpartisipasi. Untuk ini, Anda perlu: mendaftar sebagai sukarelawan dan pilih tindakan ingin Anda ikuti;
daftar sebagai penyelenggara, tambahkan tindakan Anda ke peta dan undang teman ke sana. Relawan terdaftar dari wilayah Anda akan secara otomatis menerima undangan ke acara Anda.

Peserta kampanye dapat mengumpulkan sampah secara terpisah (plastik, kaca, kertas, logam) dan mendaur ulangnya. Untuk membantu penyelenggara dan peserta aksi:
– bahan metodologis tentang organisasi pembersihan;
– peta daring;
– alat untuk menarik orang berpikiran sama.

Tip #9: Makan Lebih Sedikit Daging

Jejak menghemat air sebagian besar makanan hewani jauh lebih tinggi daripada makanan nabati. Misalnya, dibutuhkan 15.000 liter air, atau 100 bak mandi penuh, untuk menghasilkan satu kilogram daging sapi. Baca lebih lanjut tentang jejak menghemat air di artikel kami.

  Teknologi Hijau Yang Membantu Melestarikan Alam

Tip #10. Kami Mengumpulkan Dan Menyerahkan Bahan Baku Sekunder Untuk Diproses

Daur ulang bahan baku sekunder dapat secara signifikan mengurangi konsumsi sumber daya. Misalnya, mendaur ulang satu ton kertas menghemat 4.100 kilowatt-jam, 26.500 liter air, 1.430 liter minyak, 2,5 meter kubik tanah di tempat pembuangan sampah, dan mencegah pelepasan 27 kilogram polutan ke udara. Dan mendaur ulang kaleng aluminium menghemat 95% energi dibutuhkan untuk membuat kaleng dari bahan mentah murni.

Tip #11. Berikan Hal-Hal Kehidupan Kedua

Di era hiper-konsumsi dan iklan total, sulit untuk menolak pembelian pakaian, gadget, atau aksesori lain. Hasil dari belanja berlebihan adalah lemari tersumbat dan balkon  berserakan sampah. Tetapi membuang barang-barang ke tempat sampah adalah salah, karena barang-barang dibuang adalah sumber daya dibuang, termasuk menghemat air dan tenaga kerja orang-orang berpartisipasi dalam penciptaan barang tersebut.

Untungnya, saat ini ada sejumlah besar layanan memudahkan dan menyederhanakan pertukaran barang. Siapa tahu, mungkin orang dari rumah seberang hanya memimpikan anggaran pembelian sepeda atau food processor tidak Anda butuhkan.

Tip #12 Mengumpulkan Air Hujan

Jika Anda tinggal di rumah pribadi, pasang tong di halaman untuk menampung air hujan. Seperti ditunjukkan oleh pengalaman inovator penghuni musim panas, solusi ini dapat menghemat hingga 5.000 liter per tahun. Air terkumpul dapat digunakan untuk menyiram tanaman, membersihkan garasi dan merawat peralatan taman.

Tip #13. Siram Tanaman Dengan Benar

Siram tanaman Anda di pagi atau sore hari agar air tidak menguap semalaman di bawah sinar matahari. Cairan langsung langsung ke akar – sehingga hewan peliharaan hijau Anda akan mendapatkan lebih banyak kelembaban nutrisi.

Semua pecinta tamasya di alam harus mengingat beberapa aturan sederhana, tetapi sangat penting:

selalu bawa sampah agar tidak jatuh ke sungai dan waduk, mencuci piring dengan pasir sungai, membersihkan jauh lebih baik daripada bahan kimia rumah tangga dan tidak “memberi makan” ikan dengan fosfat dan surfaktan; bersihkan dari tepi danau atau sungai sehingga tanah dan bakteri dapat menyaring air mengandung zat berbahaya dari kosmetik.

Dan, tentu saja, ingatlah bahwa contoh terbaik adalah milik kita sendiri. Dengan mengubah kebiasaan dan menjaga menghemat air menginspirasi orang lain untuk membuat perubahan positif!

Related posts

Apa Itu Ramah Lingkungan

Apa Itu Ramah Lingkungan dan bagaimana cara kerjanya?Para editor Informburo.kz meluncurkan proyek ramah lingkungan...

Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Hemat lingkungan: apakah peduli lingkungan merugikan kantong Anda?

“Merawat Alam Tentu Saja Bagus, tapi pernahkah...

Latest posts

5 Contoh Poster Hemat Energi

Contoh poster hemat energi dan Perlindungan Lingkungan. Masyarakat modern selalu dihadapkan pada masalah penghematan...

Apa Itu Ramah Lingkungan

Apa Itu Ramah Lingkungan dan bagaimana cara kerjanya?Para editor Informburo.kz meluncurkan proyek ramah lingkungan...

Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Hemat lingkungan: apakah peduli lingkungan merugikan kantong Anda?

“Merawat Alam Tentu Saja Bagus, tapi pernahkah...

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *