Teknologi Hijau Yang Membantu Melestarikan Alam

teknologi Hijau Yang Membantu Melestarikan Alam.Teknologi hijau adalah solusi berbeda yang membantu mengelola sumber daya secara kompeten dan mengurangi beban negatif terhadap alam.

Teknologi Hijau Yang Membantu Melestarikan Alam


Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Pada artikel ini kita akan berbicara tentang perkembangan yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari. Mereka memungkinkan kita untuk mengatur pekerjaan dan kehidupan kita sedemikian rupa untuk berkontribusi pada pembersihan planet ini. Tetapi pertama-tama, kami membuat daftar prinsip-prinsip umum yang diperhitungkan saat membuat penemuan lingkungan, dan kemudian mempertimbangkan jenis di mana mereka dibagi.

Prinsip umum teknologi Hijau lingkungan:

Pembangunan masyarakat yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan umum.

Merawat generasi mendatang.

Memanfaatkan alam tanpa menguras sumber daya.

Pendekatan yang bertanggung jawab untuk produksi barang.

Penghematan energi di berbagai industri, pertanian, budaya dan tata kota.

Melemahkan perubahan iklim dan mengurangi kerentanan publik terhadapnya.

Jenis teknologi lingkungan

teknologi lingkungan modern

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan mengusulkan untuk membagi eko-teknologi menjadi dua kelompok besar:

1. Teknologi pengelolaan lingkungan secara umum. Pertama, ini termasuk teknologi daur ulang, ide Zero Waste dan bekerja dengan tempat pembuangan sampah berbahaya.

Kedua, ini mencakup semua teknologi untuk pemurnian sumber daya alam: air, hutan, tanah, atmosfer. Inovasi pertanian, ramalan cuaca, pendekatan baru untuk makan (seperti daging nabati) dan bahkan kesehatan tempat kerja.

2. Energi alternatif . Ini adalah pengembangan jenis bahan bakar baru dan sumber energi terbarukan. Kelompok ini mencakup solusi yang meningkatkan efisiensi energi rumah, peralatan, transportasi, sumber penerangan, dan pemanas. Misalnya: pembangkit listrik tenaga angin, panel surya, pembangkit listrik tenaga air, dan pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Teknologi bersih lainnya dibagi ke dalam kategori berikut:

Aktif (penyelamatan). Mereka bekerja dengan masalah akut: emisi zat berbahaya ke atmosfer atau pembuangan sampah yang tidak tepat.

preventif. Ini adalah undang-undang dan peraturan lingkungan yang melestarikan sumber daya.

15 Penemuan Ekologis yang Akan Membantu Menyelamatkan Lingkungan
1. Pulpen daur ulang dan tinta ramah lingkungan

contoh teknologi lingkungan

Saat ini, pulpen dibuat dari karton Tetra Pak dan botol plastik. Tapi mungkin yang paling tidak biasa adalah kandang yang terbuat dari limbah produksi gandum, yang tubuhnya dibuat dengan tambahan jerami dan dedak.

Masalah lingkungan bukan hanya pulpen plastik biasa, tapi juga tinta. Mereka sering diproduksi dengan penambahan produk minyak bumi olahan. Tetapi bahkan di sini ada solusi yang aman. Air-Ink adalah tinta yang terbuat dari udara yang tercemar dari pipa knalpot mobil.

pengembangan teknologi bersih

Untuk mendapatkan gas dan jelaga, pengumpul dipasang pada pipa. Kemudian, di laboratorium, pigmen murni diisolasi dari bahan ini: untuk 30 ml tinta, dibutuhkan 45 menit agar mesin mobil bekerja. Sampel pertama dari penanda tersebut didistribusikan kepada orang-orang kreatif – desainer dan seniman.

  Merawat Alam Tentu Saja Bagus

2. Sepatu ramah lingkungan

pengenalan teknologi lingkungan

Salah satu cara untuk menjadi konsumen yang bertanggung jawab adalah dengan memikirkan apa yang Anda kenakan. Merek pakaian dan alas kaki global semakin memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan berusaha berkontribusi pada lingkungan.

Jadi, Adidas bekerja sama dengan organisasi Parley for the Oceans, yang menyelamatkan laut dari polusi. Koleksi merek termasuk sepatu kets yang terbuat dari plastik yang dikumpulkan di pantai. Pertama, sampah diolah menjadi serat, kemudian kain ditenun darinya, yang menjadi dasar untuk bagian atas sepatu. Dengan prinsip yang sama, Adidas membuat pakaian renang dan kaos olahraga yang ramah lingkungan.

 

Omong-omong, beberapa merek melangkah lebih jauh dalam bahan ramah lingkungan: Osklen membuat sepatu dari sisa-sisa kulit salmon, Matt & Nat menggunakan ban sepeda bekas untuk solnya, dan Bourgeois Boheme memperkuat tumit dengan batu kapur.

3. Kulit ramah lingkungan dari tanaman

pengembangan teknologi hijau

Desainer Irlandia Carmen Chiesa telah meluncurkan produksi kulit ramah lingkungan berbasis serat nanas di Filipina. Bahan yang terasa seperti Pinatex telah dikembangkan selama lima tahun dan sekarang digunakan untuk membuat tas, pakaian luar, sepatu, ikat pinggang, dan gelang jam.

Di antara pembeli aktif kulit tersebut adalah Puma dan Hugo Boss. Dan orang Filipina mendapatkan penghasilan tambahan, karena sekarang para petani tahu apa yang harus dilakukan dengan daun nanas, yang dulu hanya membusuk.

kulit ramah lingkungan pisang

Kertas Pisang Hijau berbasis Mikronesia membuat aksesoris dari bahan yang berbeda, serat pisang. Faktanya, setelah panen, petani memotong sebagian pohon untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Jika tadinya sampah-sampah tersebut hanya terurai di tanah, kini dijadikan bahan yang tahan air dan tahan lama.

4. Barang-barang dari tong wiski

jam tong wiski

Biasanya alkohol yang kuat disimpan dalam wadah kayu. Agar nantinya tong tidak akan menganggur, mereka diciptakan untuk mendaur ulang dan melakukan banyak hal berguna. Misalnya, Original Grain membuat jam tangan. Dan untuk sebagian dari hasil penjualan aksesori ekologis semacam itu, perusahaan menanam pohon buah-buahan di Senegal.

5. Perabotan anak-anak dari mainan lama

teknologi ramah lingkungan

Teknologi hijau sering kali didasarkan pada daur ulang plastik, tetapi biasanya tentang botol dan kemasan makanan. Perusahaan Belanda EcoBirdy melangkah lebih jauh dan memutuskan untuk mengumpulkan mainan rusak di taman kanak-kanak. Jadi dia berhasil mendaur ulang 25 ton mainan, yang digunakan untuk membuat furnitur untuk anak-anak: meja, kursi, lemari, dan lampu berbentuk binatang.

6. Pengumpan otomatis untuk kucing dan anjing

  Apa Itu Ramah Lingkungan

mesin penjual pakan ternak ekologis

Peralatan untuk menerima wadah plastik atau kaca telah lama tersedia di berbagai negara. Tapi di Turki, di mana semua orang mencintai binatang, Pugedon telah mengembangkan alat pengumpul sampah yang, sebagai ganti botol, menuangkan 20 gram makanan ke dalam mangkuk. Mesin-mesin ini ditenagai oleh energi matahari.

7. Mandi yang hemat air

teknologi hijau ekologis

Teknologi lingkungan baru memungkinkan setiap orang untuk berpartisipasi dalam menghemat sumber daya. Jadi, startup Nebia di AS memperkenalkan sistem shower yang menghemat hingga 70% air per hari. Insinyur NASA dan Tesla terlibat dalam pengembangan, dan Apple berinvestasi dalam proyek tersebut.

Rahasianya adalah bahwa alih-alih semburan air biasa, tetesan disemprotkan dari kepala pancuran. Alhasil, Anda hanya menghabiskan 2-3 liter air per menit. Tetesan dengan cepat menutupi kulit dan membersihkan kotoran darinya. Jadi Anda tidak hanya mencuci, tetapi menemukan diri Anda dalam awan kabut hangat.

8 Rumah Rami

beton rami

Beton rami adalah bahan bangunan yang didasarkan pada batang rami pertanian. Ini memiliki insulasi panas dan suara yang baik, ketahanan yang tinggi terhadap pembusukan dan perlindungan dari serangga dan tikus. Dari rami, seluruh pondok dan gudang kecil untuk sayuran dan buah-buahan dibuat.

Beberapa tahun yang lalu, hempcrete Hempcrete baru dari tim Massachusetts Institute dan desainer Chad Knutsen memasuki pasar. Bahan tersebut menyerap karbon dioksida dari atmosfer, karena kapur di balok rami dikalsinasi, yang berarti bahwa rumah menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

9 Koran

penggunaan teknologi hijau

Perancang Miki Meyer dari Belanda telah mengusulkan penggunaan koran yang tidak terjual, di mana berton-ton hutan ditebang, untuk penggunaan yang baik. Dia datang dengan Newspaper Wood, bahan terkompresi berdasarkan kertas dan lem organik.

Perabotan dan dekorasi interior dipotong dari kayu tersebut. Produk dapat dengan mudah dibor, dipernis dan diampelas. Untuk membuat bahan menyerupai pohon dengan pola aslinya, koran direkatkan dengan tikungan, ditempatkan di bawah mesin press.

10. Kapsul Mundi

kuburan mundi

Di bawah nama misterius seperti itu, tidak ada yang lebih dari peti mati ramah lingkungan. Penggunaan pohon untuk tujuan ritual mengurangi proporsi hutan di bumi. Oleh karena itu, desainer dari Italia Anna Citelli dan Raoul Bretzel mengusulkan untuk membuat kapsul organik dari serutan kayu untuk penguburan orang.

Gagasan kepompong adalah peti mati yang tidak biasa, bersama dengan tubuh almarhum, akan berfungsi sebagai nutrisi dasar untuk pohon yang dapat ditanam di atasnya.

Seseorang akan dapat memilih jenis pohon selama hidupnya, dan pada awalnya, kerabat almarhum akan merawat bibit. Jika ide ini menjadi populer, kuburan akan berubah menjadi ruang hijau ramah lingkungan.

  Bagaimana Cara Minimisasi Sampah?

11. Film cling yang dapat digunakan kembali

contoh teknologi hijau

Petani Vermont Sarah Keck, berpikir tentang kerusakan yang disebabkan oleh plastik, telah mengembangkan bahan kemasan alami. Bee’s Wrap adalah pembungkus kapas dengan lilin lebah, minyak jojoba dan resin pohon. Di bawah tangan yang hangat, bahan bermotif ini menjadi plastik dan berbentuk produk apa pun. Anda dapat menyimpan semua yang ada di film, kecuali daging.

Bahan-bahan alami dalam komposisi tersebut memiliki sifat antibakteri, sehingga makanan tetap segar. Kemasannya perlu dibersihkan dengan sabun dan jika dilakukan secara teratur, Bee’s Wrap akan bertahan setahun penuh. Film ini diproduksi dalam berbagai ukuran, termasuk untuk semangka, pai, dan roti.

12. Termostat pintar

termostat untuk menghemat panas

Termostat Nest telah menjadi salah satu perangkat paling populer di AS dan Kanada sejak 2011. Ini membantu untuk menghemat panas di rumah. Untuk mengontrol gadget, cukup unduh aplikasi di smartphone Anda, lalu atur suhu yang diinginkan. Termostat mengingat preferensi Anda pada waktu yang berbeda sepanjang tahun dan hari, dan juga akan menghasilkan laporan tentang konsumsi energi.

Model Nest baru menjadwalkan suhu di dalam rumah, otomatis mematikan AC, kipas angin, pelembab udara setelah Anda pergi, dan melaporkan kesalahan pada sistem pemanas.

13. Air yang dapat dimakan dalam gelembung

penemuan lingkungan

Untuk mengurangi produksi kemasan plastik, perusahaan Rocks Lab yang berbasis di London meluncurkan proyek Ooho! Gagasan di balik pengembangannya adalah kemasan air yang tidak berasa, tetapi dapat dimakan dan ramah lingkungan. Bola seperti itu terurai, jika tidak dimakan, dalam 4-6 minggu.

Saat membuat gelembung, ganggang coklat digunakan dengan penambahan kalsium klorida. Cairan pertama-tama dibekukan, dan kemudian campuran pengemasan dioleskan ke permukaan es. Bahkan ketika air telah mencair, ia mempertahankan bentuk yang diinginkan, sehingga Anda dapat membawanya. Volume bola tersebut adalah dari 50 ml.

14. Jalan plastik

jalan plastik daur ulang

Perusahaan Belanda PlasticRoad membuat modul dari plastik daur ulang dan merakit jalan darinya. Lebih mudah dan lebih murah daripada aspal. Modul beratnya sedikit dan mudah dilampirkan satu sama lain, dan semua komunikasi yang diperlukan diletakkan di dalam jalan tersebut. Umur simpan modul adalah beberapa dekade, dan kemudian dapat dibongkar dan didaur ulang lagi.

15. Perangkap plastik di laut dan “ember laut”

penerapan teknologi hijau

Penemuan lain dari Belanda, yang membantu mengumpulkan sampah di laut. Ini adalah jebakan berbentuk U khusus dengan pelampung. Ini menangkap puing-puing di permukaan air, yang kemudian dimuat ke kapal sampah dan dikirim untuk didaur ulang. Direncanakan akan memakan waktu sekitar 60 jebakan dan 20 tahun untuk mengumpulkan semua plastik laut.

Related posts

13 Tips Menghemat Air

13 tips menghemat Air terbiasa hidup seolah-olah persediaan air tidak ada habisnya. Ya, Rusia...

Apa Itu Ramah Lingkungan

Apa Itu Ramah Lingkungan dan bagaimana cara kerjanya?Para editor Informburo.kz meluncurkan proyek ramah lingkungan...

Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Hemat lingkungan: apakah peduli lingkungan merugikan kantong Anda?

“Merawat Alam Tentu Saja Bagus, tapi pernahkah...

Latest posts

13 Tips Menghemat Air

13 tips menghemat Air terbiasa hidup seolah-olah persediaan air tidak ada habisnya. Ya, Rusia...

Apa Itu Ramah Lingkungan

Apa Itu Ramah Lingkungan dan bagaimana cara kerjanya?Para editor Informburo.kz meluncurkan proyek ramah lingkungan...

Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Hemat lingkungan: apakah peduli lingkungan merugikan kantong Anda?

“Merawat Alam Tentu Saja Bagus, tapi pernahkah...

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *