Apa Itu Ramah Lingkungan

Apa Itu Ramah Lingkungan dan bagaimana cara kerjanya?Para editor Informburo.kz meluncurkan proyek ramah lingkungan baru. Kami akan berbicara tentang produk yang bermanfaat dan perselisihan tentang segala sesuatu di mana awalan “eco” berdiri.

Apa Itu Ramah Lingkungan


Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk memperkenalkan pembaca kami dengan cara hidup yang tidak hanya dapat mengurangi bahaya dari aktivitas manusia pada iklim dan ekosistem planet ini, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mereka dan kesehatan orang yang mereka cintai.

Budaya ramah lingkungan merupakan salah satu gaya hidup masyarakat yang mendukung pelestarian alam. Masyarakat konsumen semakin melihat konsekuensi dari hidupnya, dan sebagian dari populasi dunia yakin bahwa ini harus segera diubah. Hari ini kita akan berbicara tentang apa itu Ecofriendly dan di area apa konsep ini dapat ditemukan.

Siapa aktivis lingkungan?

Foto depositphotos.com

Orang-orang yang telah menyadari konsekuensi dari konsumsi barang, jasa, sumber daya yang berlebihan dan telah berpihak pada perlindungan alam dapat menyebut diri mereka sebagai aktivis lingkungan. Organisasi eko-aktivis paling terkenal di dunia adalah Green Peace, yang mengadakan berbagai aksi dan manifesto untuk mendukung flora dan fauna yang tercemar. Aktivis lingkungan tunggal yang paling populer adalah siswi Swedia Greta Thunberg, yang membuat presentasinya di pertemuan PBB.

Tetapi untuk hidup sesuai dengan gaya lingkungan dan berbagi filosofi ramah lingkungan, tidak perlu pergi ke piket dengan poster. Cukup dengan mengikuti prinsip eco-style di bawah ini.

15 prinsip gaya ramah lingkungan

Penggunaan kendaraan ramah lingkungan (skuter, sepeda, skateboard, mobil listrik).
Transisi ke penggunaan peralatan makan yang dapat digunakan kembali dan penolakan terhadap plastik, sekali pakai.

  • Penggunaan teknologi hemat energi.
  • Pembuangan limbah sesuai dengan aturan pemilahan.
  • Beralih ke sumber energi terbarukan dan menggunakan bahan daur ulang.
  • Penurunan sikap konsumen terhadap makanan, barang dan jasa.
  • Beralih ke konsumsi produk ramah lingkungan dan wadah yang dapat digunakan kembali untuk mereka.
  • Menghemat listrik, air, dan sumber daya lainnya dalam pekerjaan rumah tangga.
  • Mencuci barang dengan air paling sedikit – pada 30 atau 40 derajat.
  • Membeli pakaian di toko barang bekas, memperbaiki pakaian atau membeli barang mahal dan berkualitas tinggi, tetapi untuk waktu yang paling lama.
  • Membuat taman mini-taman di rumah.
  • Membeli furnitur dan aksesoris rumah yang ramah lingkungan.
  • Penggunaan wadah makanan dan minuman yang dapat digunakan kembali di luar rumah.
  • Membeli bahan makanan dan barang dalam jumlah besar untuk menghemat uang dan menambah stok.
  • Penolakan penggunaan kantong plastik, peralihan ke kantong belanja.
  • Ramah lingkungan di berbagai area
  13 Tips Menghemat Air

Di industri kecantikan

Kosmetik ramah lingkungan melibatkan penggunaan hanya bahan-bahan alami untuk menciptakan produk pembersih dan perawatan. Bahkan saat membuat kosmetik dekoratif, merek ramah lingkungan mencoba memilih elemen alami yang mirip dengan buatan. Sampai batas tertentu, ini meningkatkan harga barang, karena bahan alami lebih sulit didapat, tetapi efek penggunaan kosmetik alami terlihat jelas.

Di segmen pertanian

Di bidang pertanian, serta dalam industri makanan apa pun, selama bertahun-tahun telah ada larangan penggunaan elemen rekayasa genetika yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Mengikuti tanggung jawab sosial, produsen mencoba hanya menggunakan bahan-bahan alami dalam budidaya dan produksi makanan. Selama beberapa tahun terakhir, puluhan eko-pertanian telah muncul di Kazakhstan, di mana sayuran dan buah-buahan ditanam tanpa menggunakan berbagai pestisida.

Dalam industri tekstil

Pencarian dan penggunaan dasar alam untuk penciptaan pakaian dan aksesoris juga berlaku untuk industri tekstil. Seperti yang Anda ketahui, kain alami sebagian besar tidak menyebabkan alergi, nyaman dipakai dan menjaga penampilan tetap rapi untuk waktu yang lama dengan penyimpanan yang tepat. Selain itu, penggunaan pewarna dan serat alami menyebabkan lebih sedikit kerusakan ekosistem saat membuang pakaian bekas. Diketahui juga bahwa beberapa merek pakaian dan alas kaki niche sudah mulai memproduksi barang dari bahan daur ulang. Misalnya, T-shirt yang terbuat dari benang plastik yang diperoleh dari botol PET daur ulang.

Dalam industri konstruksi

Saat mendirikan bangunan besar di area yang luas, sulit untuk mematuhi arahan lingkungan. Biaya konstruksi, logistik dan volume produksi mengambil korban mereka. Tapi tetap saja, perusahaan konstruksi yang bertanggung jawab mencoba memperbarui teknologi bangunan gedung dan struktur lainnya, membuatnya tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan. Dan bahan yang digunakan dalam konstruksi dan dekorasi rumah dan kantor semakin banyak terbuat dari unsur-unsur alam. Misalnya, beberapa jenis ubin batu atau batu bata daur ulang.

  Bagaimana teknologi hijau mempengaruhi lingkungan?

Dalam industri otomotif

Dalam teknik mesin, telah lama ada standar lingkungan. Ini mengacu pada jumlah karbon dioksida yang dipancarkan per seratus kilometer perjalanan. Standar saat ini untuk mobil penumpang modern dengan mesin bensin dan diesel adalah Euro-5. Namun ada juga kendaraan listrik yang popularitasnya hanya meningkat dari tahun ke tahun. Mereka menggunakan motor listrik, sehingga tidak memancarkan zat berbahaya ke atmosfer sama sekali. Dan motor listrik dibuang dengan cara khusus dari waktu ke waktu.

dalam energi

Di sini, tentu saja, sumber energi terbarukan muncul: kompleks industri angin, pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga air, tanaman yang menghasilkan biofuel dari produk limbah manusia dan hewan domestik. Selain itu, jangan lupakan industri pengolahan limbah. Banyak pabrik dan tempat pembuangan sampah modern kini memiliki mesin pemilah sampah khusus yang memungkinkan Anda memisahkan bahan daur ulang terbarukan dari sampah yang tidak lagi dapat didaur ulang.

Di rumah

Kepatuhan terhadap gaya ramah lingkungan memungkinkan Anda meningkatkan kualitas hidup Anda karena beberapa faktor. Misalnya, memilah sampah, menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali, menjauhi peralatan plastik sekali pakai, beralih ke peralatan hemat energi. Pendekatan rasional seperti itu pasti akan mempengaruhi aspek kehidupan lainnya. Hal ini ditegaskan oleh aktivis lingkungan dan blogger dari Ukraina Marianna Boyko, yang telah berbagi filosofi ramah lingkungan selama lebih dari lima tahun.

“Saya memutuskan untuk meninggalkan kantong plastik selama 104 hari. Secara alami, ini memengaruhi seluruh keluarga. Saya sendiri yang membuat aturan permainan ini, dan kami berempat (saya, suami, dan dua anak) tidak boleh menggunakan kantong plastik, tidak untuk dibawa pulang, dan sekaligus menolak semua kemasan lunak, yaitu sereal kemasan, gula, roti juga dilarang. Dan kami selamat,” kata Marianna Boyko.

  Teknologi Hijau Yang Membantu Melestarikan Alam

Apa itu Zero Waste?

“Zero waste” (dari bahasa Inggris) adalah sebuah konsep yang menyiratkan transisi lengkap ke konsumsi sekunder sampah daur ulang, khususnya plastik. Tujuan utama Zero Waste adalah memikirkan kembali produksi barang sedemikian rupa sehingga tempat pembuangan sampah tidak menerima sampah buatan. Hanya setelah beberapa kali penggunaan (sampai benar-benar digunakan dalam kehidupan sehari-hari) satu atau lain produk, kemasan, atau barang dapat dikirim untuk diproses atau dibuang sepenuhnya. Pendukung Zero Waste percaya bahwa perubahan seperti itu dalam produksi dan pemikiran orang dimungkinkan dengan dukungan di tingkat negara bagian. Mereka percaya bahwa pengurangan limbah yang signifikan juga akan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Related posts

13 Tips Menghemat Air

13 tips menghemat Air terbiasa hidup seolah-olah persediaan air tidak ada habisnya. Ya, Rusia...

Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Hemat lingkungan: apakah peduli lingkungan merugikan kantong Anda?

“Merawat Alam Tentu Saja Bagus, tapi pernahkah...

Latest posts

13 Tips Menghemat Air

13 tips menghemat Air terbiasa hidup seolah-olah persediaan air tidak ada habisnya. Ya, Rusia...

Merawat Alam Tentu Saja Bagus

Hemat lingkungan: apakah peduli lingkungan merugikan kantong Anda?

“Merawat Alam Tentu Saja Bagus, tapi pernahkah...

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *